REVIEW SUZUKI AERIO 2003
Keinginan membeli mobil pertama
kali adalah sesuatu banget. Bagaimana tidak, setelah inden selama hampir 6
bulan produk LCGC dari pabrikan H yang tak kunjung datang dan akhirnya cancel.
Sungguh mengecewakan. Padahal untuk memenuhi janji membelikan mobil istri dan
anak saya pertama yg usianya 1 tahun pas sebelum lebaran 2014 (sebelum ultah
dan sebelum lebaran pokoknya harus dapat mobil). Setelah kekecewaan yg
mendalam, dalam tempo 2 hari saya hunting berbagai jenis mobil bekas di wilayah
Surabaya. Akhirnya secara bimbingan doa terpilihlah produk Suzuki Aerio 2003
biru metalic yang dimiliki dengan harga 77 juta.
Ada beberapa kondisi negatif yang saya dapat,
- Oli bocor diatas
alternator
- Power window sopir gak
berfungsi
- Lampu panel AC mati
semua
- Kisi-kisi AC patah
- Kaca mika lampu depan
menguning
Semua problem diatas sudah diatasi dengan tangan
sendiri, karena saya harus satu jiwa dengan mobil bekas ini (tangan seorang survey
engineer harus kreatif). Sebagian hasil belajar dari otodiy.blogspot.com dari mas
Singachu dan web lain. Makasih semua.....
EXTERIOR
Sedikit kecewa karena ada beberapa bagian yg
baret-baret. Akan tetapi secara keseluruhan kondisi body, karet dan cat masih
orisinil dan kondisi baik sekali. Bentuk yang memanjang layaknya model wagon
ternyata memberi kesan lebih dari pada model sedan. Karena musim penghujan
akhirnya saya tambahkan talang pada setiap pintu agar saat diparkir kaca
jendela dapat dibuka sedikit untuk sirkulasi udara dalam kabin, dan agar tidak
overheat saat parkir langsung dibawah terik matahari. Electric rectangular
mirror, fitur spion yang dapat membuka dan menutup dengan tombol di dashboard.
Pada bagian buritan belakang sudah terbilang cakep, karena spoiler belakang
sudah dilengkapi dengan lampu LED membuat lebih aman saat mengerem. Tapi emblem
“Aerio” belakang saya lepas karena posisi 90% lepas, daripada jatuh sementara
dilepas dulu.
Lampu utama sudah diganti dengan HID 6000K Gartner
H4, sehingga membuat lebih terang di perjalanan malam. Velg yang original
berwarna silver itu sudah saya ganti dengan velg punya Swift GT3 yang berwarna
hitam dipadukan dengan ban Achilles Atr Sport 195/55 R16. Ternyata ganti roda menambah
keren mobil ini plus menambah tinggi ground clearance 2-3 cm. Joss...
Sayangnya, karena istri baru belajar kemudikan
mobil, terciptalah berbagai goresan-goresan baru pada body cantik mobil ini.
INTERIOR
Kaca samping dan belakang menggunakan film Solar
Gard 60%, jika dipandang dari luar seperti cermin. Kaca depan Menggunakan film
3M 30% mengurangi masuknya sinar berlebih, tetapi tidak menggangu pemandangan
saat malam hari. Pada barisan depan terasa sangat nyaman bagi saya, karena
ukuran kursi yang lebar dan pas pada tubuh saya dengan tinggi/berat 170Cm/61Kg.
Kaca spion tengah bisa menjadi 2 mode, night & day (seperti spion Yaris
terbaru 2014). Power window dan door lock terpadu semua di sisi pintu
pengemudi. Sliding seat adalah fitur utama yang tidak bisa terpisahkan dari
sebuah mobil pribadi. Mengatur ketinggian dudukan pengemudi bermanfaat disaat
sang pengemudi mempunyai tinggi badan yang kurang. Spedometer digital sangat
feminim dengan pembacaan tachometer. Roda kemudi yang dapat naik turun
bermanfaat juga saat mengemudi santai. Panel AC dashboard tengah sudah menjadi
sangat jelas karena sudah diganti lampu LED karya sendiri. Head unit original
double din saya ganti dengan DVD player sehingga sangat bermanfaat saat membawa
anak, karena untuk memutar film Marsha favoritnya, istri jg bisa menonton film
favoritnya saat ini Jodha Akbar. Heheheee...
Karena jok kursi original berbalur beludru yang
rawan kotor, maka saya pakai cover jok produk dari MB-Tech yang berwarna
biru-cream yang senada dengan body mobil. Lampu cabin atas sudah diganti dengan
LED yang sangat terang.
Kursi baris kedua (ini point untuk pe-review Aerio
yang gak pernah memakai mobil Aerio) cukup luas. Jika duduk dengan biasa, lutut
tidak akan menyentuh kursi depan. Sandaran kursi belakang yang katanya tegak
lurus sehingga membuat punggung pegal adalah HOAX, kursi belakang ini bisa diatur
kemiringannya. Ada juga sandaran tangan dan cup holder di tengah yang dapat
dilipat. Tidak lupa memberi tambahan pemadam kebakaran mini, untuk antisipasi
kemungkinan terburuk. Bagian bagasi yang luas sangat berguna untuk memuat
barang. Apalagi kalau kursi tengan dilipat kedepan, sehingga lantai menjadi
landai, inilah yang berguna untuk berbaring sang pengmudi dan penumpang dikala
kelelahan, atau istirahat malam di hotel pertamina (Pom Bensin) hehehee....
Tidak lupa juga penambahan DVR Car + 32 Gb Micro
SD, yang berfungsi untuk mereview perjalanan sebelumnya dan untuk menolong kita
disaat terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan.
PERFORMA
Tentang bagaimana kehandalan speed, saya bukan
maniak, alias pensiun. Yang saya terapkan dalam mobil ini adalah efisiensi BBM GO
GREEN. Kondisi mesin standar dalam kota mobil ini meminum pertamax 1 liter
dengan jarak 9-10 Km, disaat luar kota per liter menempuh jarak 12-13 Km. Cukup
wajar dengan mobil bermesin 1500 Cc.
Pedal kopling hidrolik membuat nyaman berkendara.
Pedal kopling hidrolik membuat nyaman berkendara.
Untuk perjalanan luar kota terbilang nyaman karena
ergonomisnya yang cukup comfort untuk pengemudi dan penumpang, dibanding dengan
mobil kecil baru yg kursinya lebih kecil.
Suspensi yang saya bilang pasti lebih nyaman
dibanding Mirage, Ayla, Av-Xe. Handling yg mantap mencengkeram aspal dg smooth
saat dicoba di sekitaran Simpang Lima Gumul Kediri. Merasa lebih aman lagi karena sistem pengereman sudah dilengkapi dengan ABS dan EBD.
KSIMPULAN
Biasakan ganti oli dan filter oli rutin setiap
5000-7000 Km, butuh uang 300 ribu di bengkel resmi. Kemungkinan besar mesin
selalu awet.
Bagus di kategori mobil tahun 2003 dengan harga 77
juta, yang mempunyai fitur yang bermanfaat. Dengan 5 penumpang dan bagasi yang
luas adalah nilai tambah dibanding sedan dan hatcback.
Silahkan menyimpulkan sendiri dari review saya
pribadi tersebut.
!Note: Semua mobil pembanding diatas adalah
pengalaman pribadi, jadi belum mampu membandingkan head-to-head dengan mobil sejenis (Jazz or Yaris)
Next Task
- Ganti semua bohlamp
dengan LED (foglamp H3, rem, sein)
- Cat ulang body agar lebih fresh dan shinny
UPDATE APRIL 2016
Maslah ada oli bocor disekitar kompressor AC adalah akibat kebocoran dari pompa power steering. Penggantian seal pompa yang sakit hati pada suatu bengkel. Hal ini sudah selesai permasalahanya walaupun menimbulkan beberapa kekecewaan mendalam pada sebuah bengkel di Kediri. Sudahlah saya tak mau bahas kasus ini.
Berikutnya, penggantian selang suction (reservoir-pompa power steering), Karena ya berawal dari kurang ilmunya si pegawai bengkel diatas tadi, pasangnya selang terbalik, sehingga bergesekan dengan fanbelt, dan.... bocorlah....
Berikutnya, ganti reservoir oli power steering. Karena filter di dalamnya ada 2 lubang tusukan obeng sehingga saya ganti. Hal ini belum paham kenapa dan mengapa ada lubang di filternya.
Berikutnya, ganti radiator dan thermostat. Karena dalam perjalanan Surabaya - Kediri, bagian radiator atas menyembur bocor, segera diketahui karena indikator overheat menyala. Jadi, perjalanan pulang dilanjutkan agar sampai rumah dengan selamat (malam hari), tabung reservoir selalu diisi air biasa (darurat) dan berhenti setiap 10 KM.
Berikutnya, ganti Belt untuk alternator. Karena sudah bunyi decit2 halus.
Berikutnya, setting CO di BeRes Suzuki Kediri pakai Gas Analyzer (saya request IRIT bensin).
Dihasilkan:
CO : 0.22 % > normal 0.5 - 1.5
HC : 229 ppm > normal 50 - 200
CO2 : 13.6 % > normal 12 - 16
O2 : 1.82 % > normal 0.5 - 2
Info penting tentang EMISI:
Lamda (Air Fuel Ratio)
-Nilai lebih dari 1.1, berarti bahan bakar terlalu irit
-Nilai 0.95 - 1.05, setting terbaik untuk performa
-Nilai kurang dari 0.85, berarti bahan bakar terlalu boros
CO (Carbon Monoxide), mengenai campuran bensin dan udara.
-Nilai semakin kecil, bensin semakin irit
HC (Hydro Carbon), gas yang tidak terbakar karena pengapian yang tidak sempurna.
-Nilai semakin kecil, pembakaran makin sempurna
CO2 (Carbon Dioxide), efisiensi pembakaran dan kinerja mesin.
-Nilai semakin tinggi, semakin sempurna pembakaran, semakin baik akselerasi.
O2 (Oxygen), mengenai gas buang yang menandakan pembakaran miskin.
-Nilai semakin tinggi, menandakan knalpot ada masalah, bocor atau buntu
Kesimpulannya? analisa sendiri aja yah.
Untuk hal ini akan ada review tersendiri nanti berikut efek ke BBM (Pertalite).
Yang ini masalah simple tapi berasa besar dan bikin panik.
Mobil tiba-tiba perseneling hanya bisa masuk gigi 3 dan 4, gigi 1-2 dan 5-R tidak bisa masuk atau loss. Dan rasanya aneh perseneling itu ringan banget. Posisi pas parkir, akhirnya mundur dorong sendiri koq kuat ya, heheheeee. Setelah menuju ke bengkel, bongkar console tengah, didapatkan tuas yang kiri lepas dari mekanis perseneling tangan. Karena clip pengunci tuas tuh aslinya dari plastic, dan sudah pecah, sehingga lepaslah dari tuas tangan. Harganya, busyet 2 juta satu set ganti semua. Gile donk. Trus Cara atasinya, pakai kawat di lilitkan ke sambungan itu. sudah beres deh sampai sekarang. Nanti kapan waktu saya foto lokasinya beserta kawat penguncinya.
Next Task:
1. Ganti CV Joint, karena kalau belok kanan tajam mulai bunyi2an halus
UPDATE APRIL 2016: sudah diganti Outer CV Joint sebelah kiri, dan suara kletek-kletek tidak terdengar lagi.
Menggunakan Outer CV Joint merek LKS seharga Rp. 275.000,- (adanya merek ini, tak ada pilihan lain), ongkos bengkel 100 ribu.
UPDATE APRIL 2016: sudah diganti Outer CV Joint sebelah kiri, dan suara kletek-kletek tidak terdengar lagi.
Menggunakan Outer CV Joint merek LKS seharga Rp. 275.000,- (adanya merek ini, tak ada pilihan lain), ongkos bengkel 100 ribu.
Outer CV Joint |
Alhamdulillah hingga saat ini mobil sehat selalu
UPDATE MAY 2016
Ganti bearing roda belakang sebelah kiri yang mendengung saat dipakai jalan, dengan merek NTN.
Perlu diketahui, bearing Aerio belakang asli bawaan pabrik adalah NTN juga, sama persis dengan yang saya beli. Namun disaat membeli penggantinya NTN tidak disertakan gear sensor ABS, sehingga perlu melepas dari yang lama menggunakan trecker.
Saya ganti satu set kanan dan kiri agar seimbang.
Harga bearing NKN 2 biji Rp. 750.000,-
Ongkos pasang Rp. 100.000,-
Lama pengerjaan bengkel 30 menit.
Lokasi beli di toko Taufan Kota Kediri, toko langganan saya.
Box bearing NTN baru |
Bearing lama gear ABS sudah dilepas |
Bearing NTN baru setelah dipasang gear ABS |
Bearing baru siap dipasang kembali |
Semoga awet. amiinn.....
Kang, asik bacanya ttg rview aerionya. Sesama user aerio 2003 nih mo tnya lampu led tuk sein dan rem blkng cocoknya apa yah, sy pernah beli tp salah terus dr ga nyala smpai lampunya ga seterang bawaan oem, mhn pencerahannya. Thx
ReplyDeleteHallo mas Dodi, salam kenal dari saya. maaf baru nyambung.
Deletesampai sekarang saya belum ganti LED, karena saya juga pernah coba pakai LED memang kurang cerah dibanding bohlam aslinya.
Gak nyala karena terbalik polaritasnya, atau kawatnya gak menyentuh tembaga di fitting-nya.
Kang,cara benerin power windoqnya gmn?sya jg baru dpet yg 2004 power window brmasalah.
ReplyDeletemaaf baru balas mas Fadli.
Deletewaktu itu saya perbaiki bagian motor. serabut tembaga untuk brush acak-acakan, jd menyentuh body motor yang mengakibatkan tidak berfungsi. saya solder dan rapikan masalah selesai samapai sekarang.
headlamp aku dah pake H4 LED dpt beli dari aliexpress, terang banget ngalahin bohlam 100w.
ReplyDeleteuntuk foglamp aku pake H11 LED juga dpt dr aliexpress tp pilih yg type cree. udah coba tipe plasma ama SMD sama sekali ga fokus.
entahlah emang beda soket apa gimana, aku pake nextG facelift.
OK mas Anonymous,
Deleteterimakasih sarannya
saya coba browsing di Aliexpress dan jika cocok, import.....
^_^
Kang, manfaat banget buat sy user baru aerio. Boleh share lebih kang via WA or BBM ? 085732392688 & 5A07F732. Itu wa n bbm sy, thanks kang.
ReplyDeleteKang, saya sedang mengincar aerio. Di bandung ada yang menawarkan tahun 2004 71jt, tahun 2005 80jt. atau mending yang 2003 saja ya supaya masih dapat yang digital speedometernya?
ReplyDeleteSebenarnya sesuai selera mas Didin saja. Pilih mesin yg masih sehat, kaki2 sehat, serta interior yang rapi, bukan bekas modifikasi, serta tahu riwayat pemakaian. Mobil saya ini rata2 semua msh orisinil dr baru.
DeleteKang salam kenal, ane juga baru dapet aerio 2003 sebulan yg lalu. Kondisi keseluruhan sih masih bagus. Tp Pas ane dpet lampu abs nyala kata si pemilik sebelumnya lampu itu memang nyala karena pada seri 2003 tanda abs sengaja dinyalain untuk kepentingan promosi. Apakah demikian kang?
ReplyDeleteHii mas Hasan
DeleteSalah kalau utk kepentingan promosi. Jika lampu Abs nyala braryi ada problem di sistem Abs.
Saya cerita sedikit ya.
Pada roda depan saya angkat, dan saya nyalakan mesin, sehingga roda berputar pelan. Tak lama mesin saya matikan tp kunci posisi ON. San saya cek roda dg cara memutarnya bergantian. Setelah itu saya bawa ke bengkel utk service rutin. Dr hasil scanner ada masalah di Abs saya, loh koq bs. Saya ceritakan pada SA apa yg saya lakukan sebelum mobil saya bawa ke bengkel. Akhirnya saya coba cabut konektor negatif aki selama 20menit. Dilakukan scan lg dan tidak ada masalah pada Abs saya. Jd sepertinya Ecu merekam semua pergerakan roda yg tidak wajar ini dan memberikan pesan error pada Abs.
Coba mas Hasan cabut konektor aki selama 20menit. Atau bs jg sebelum tidur malam cabut konektor aki, dan pasang lagi di esok paginya.
Semoga membantu.
Terimakasih.
Oh ya mas lupa.
DeleteJika dg cara diatas blm juga teratasi masalahnya, bawa ke bengkel Suzuki utk dilakukan pengecekan. Siapa tahu ada kerusakan lain seperti sensor Abs di roda, gigi Abs, dll.
Tp jarang banget koq kerusakan di modul Abs.
^_^
Kang salam kenal, ane juga baru dapet aerio 2003 sebulan yg lalu. Kondisi keseluruhan sih masih bagus. Tp Pas ane dpet lampu abs nyala kata si pemilik sebelumnya lampu itu memang nyala karena pada seri 2003 tanda abs sengaja dinyalain untuk kepentingan promosi. Apakah demikian kang?
ReplyDeleteHallo mas Hasan,
DeleteTanda ABS nyala bisa disebabkan sistem sensor ABS ada gangguan, mungkin sensor pada tiap roda, atau pada modul ABS. kalau pada modul ABS sih jarang banget rusak. ya suspect pertama pada sensor gigi ABS tiap roda. siapa tau di salah satu roda tersebut gigi ABS tidak terpasang. monggo dicek dulu mas Hasan.
Kebetulan ada blognya.mas saya mau tanya kalau bagasi belakang suka bunyi2 kaya kurang kenceng padahal bagasinya udah kenceng.itu apanya ya mas
ReplyDeletebunyi2an di bagasi belakang sepengetahuan saya berasal dari:
Delete1. tutup shockbreaker yang sudah ndak kenceng. Cara mengatasi ditambahkan seloptip pas di kancingan dan busa tipis dilem pada sisi dalam penutupnya
2. peralatan atau benda apapun yg diletakkan di bawah lantai bagasi. Cara mnegatasi, kasih karpet pada dasar wadah tersebut, atau ambil semua perlatan yg disimpan disitu.
Kang,, blog ny kren bgt. Bca ny ajj smp diulang2.. Hehee. Sya jga bru 1 bln pke aerio dx 2003. Pnyakit ny koq sma smw y.. Dri pwer wndow yg eror, bunyi di kaki2, lampu buram, radiator bocor, n selang power steering bcor. Smp bngung nie, mna dlu yg mw dbnerin. Tpi bwa ny ya asik2 ajj.. Heheee. Mgkn velg ajj nie pnya sya yg blm gnti, sma blm dcat. Mgkn kren x ya klo udh dgnti itu smw.. Slam knal dri pemakai aerio..
ReplyDeleteSalam kenal mas Dick.
Deletesaya menyadari permasalahan muncul karena usia mobil dan perawatan dr pemakai sebelumnya.
Ini Aerio saya juga sudah saya rawat sangat baik penggantian dg part original.
Kalau masih selang power window aman lah mas, ini punya saya ganti rack steeringnya sekitar 8 juta. jengkel saya kluar masuk bengkel cuma ganti seal. mending ganti baru gress original, sekarang jd enteng eeeehhhhh..... dan ngak ada masalah lagi di power steering.
Ohh iya mas Dick, hanya saran saja, jika mengganti velg dan ban sebaiknya yg mempunyai lebar tapak ban seukuran aslinya Aerio saja. Karena semakin lebar tapak ban dpt mempengaruhi kinerja powersteering dan konsumsi BBM.
Deletesemoga bermanfaat
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteKang,, blog ny kren bgt. Bca ny ajj smp diulang2.. Hehee. Sya jga bru 1 bln pke aerio dx 2003. Pnyakit ny koq sma smw y.. Dri pwer wndow yg eror, bunyi di kaki2, lampu buram, radiator bocor, n selang power steering bcor. Smp bngung nie, mna dlu yg mw dbnerin. Tpi bwa ny ya asik2 ajj.. Heheee. Mgkn velg ajj nie pnya sya yg blm gnti, sma blm dcat. Mgkn kren x ya klo udh dgnti itu smw.. Slam knal dri pemakai aerio..
ReplyDeleteKang mau nanya ni, aku bru dpt aero 2003 satu bln yg lalu. Kendalanya tu air radiator setiap di cek kurangnya byk sekali sampai 1 botol aqua besar, pdhal radiator udah di bersihin ndk da kebocoran. Mungkin punya solusi buat saya kang tksh
ReplyDeletepermasalahan radiator itu harus dicari 1 per 1. coba cek radiator dulu mas, karena radiaor saya yg jebol dluan, setelah diganti bersamaan thermostat aman terkendali sampai sekarang.
DeleteKang mau nanya ni, aku bru dpt aero 2003 satu bln yg lalu. Kendalanya tu air radiator setiap di cek kurangnya byk sekali sampai 1 botol aqua besar, pdhal radiator udah di bersihin ndk da kebocoran. Mungkin punya solusi buat saya kang tksh
ReplyDeleteSalam kenal,,kang sy pake oreo '03 mt,lampu ABS nyala dan disarankan ama montir ganti sensor ABS kiri belakang.alhasil lampu ABS ga nyala lagi tapi pas jalan dan pijak rem bunyi grudug2 keras terasa di pedal rem.montir sarankan lagi perbaiki komputer ABS dan sy tolak dan pasang kembali sensor ABS yg lama.alhasil pengereman normal dan lampu ABS tetap msh nyala.Mohon solusi nya,mksi
ReplyDeleteSalam kenal mas Anto
Deletewaahhh itu sensor ABS ndak sesuai tempatnya atau ndak sesuai ukurannya. jika ganti bearing roda, cabutlah gigi ABS yg ori/lama dan dipasang ke bearing yg baru.
karena ukuran/jumlah gigi ABS harus sesuai pada ke 4 roda, jika salah 1 berbeda alhasil pembacaan komputer ABS bisa kacau.
semoga membantu
Kang salam kenal, sy pingin nanya tentang ABS, punya saya sama dengan komentar di atas lampu ABS nya nyala terus. naha yg jadi pertanyaan adakah pengaruhnya kalau tdk diperbaiki ... tks kang ...
ReplyDeletefungsi utama system ABS adalah mencegah ban terkunci disaat mengerem mendadak. fungsi ini sangat saya rasakan disaat hampir menabrak pengguna motor yg ndak ada lampu depannya.
Deletejd jika fungsi ABS ini bermasalah nantibefeknya jika suatu saat terjadi pengereman mendadak, pengendalian roda mungkin bs fatal.
sebaiknya dicek dlu reset ECU dg cara cabut negatif aki selama 30 menit, lalu sambung lagi. jika lampu ABS mati, dan nyala kembali dissat dibuat jalan. itu indikasinya sensor pada roda atau gigi sensor roda yg bermasalah.
coba di cek 1-1 dlu yah.
siang mas, mau tanya nih tentang lampu indikator bagian speedometernya, untuk membuat kembali menjadi terang apakah harus di ganti satu set ikut speedometernya atau ngak ya?
ReplyDeleteOhhh ndak usah diganti semua mas... Punya saya jg pernah saya ganti lampunya.
DeleteItu bs dibongkar, dr atas spedometer dibuka covernya. Tutorialnya ada di youtube mas.
Nti kalau ganti lampu spedo sekalian aja semuanya diganti lampunya yah, biar ndak bongkar2 lg kalau diganti 1-1 gitu.
Lampunya ada di toko sparepart mobil, sebiji dlu 6000, klo gak salah di spedo ada 6 lampu.
Silahkan berkarya mas.
Jadi pingin mas..
ReplyDeleteJadi pingin mas..
ReplyDeleteSalam kenal mas saya pengguna aerio matic 2003
ReplyDeleteAssalamualaykum
ReplyDeleteSalam kenal kang aji, sy pengguna black oreo th 2005 pakai sdh hmpr 2th,trs terang ulasan kang aji perihal oreo sngt ajib.
Ada yg sy mau tanyain mengenai abs, sdh hmpr 1th ini abs sy nyala trs sdh sy bw ke beres & hslnya mnrt hsl scaner katanya sensor abs sblh kiri dpn mati,sarannya hrs ganti set abs sensor kiri dpn tp smp skrg blm sy ganti krn lmyn mahal hehehe.. Tp klo dr pemakaian baik sy ngerem perlahan atw mnddk alhamdulillah tdk ada mslh apa apa. Mohon pencerahannya. Mksh.
Firdausy.
Assalamualaikum mas Ajji...salam kenal. Saya pakai aerio 2003 jg, klo digital speedometer saya g jalan knp yah n mdh2an tau solusi nya jg???
ReplyDeleteAssalamualaikum mas Ajji...salam kenal. Saya pakai aerio 2003 jg, klo digital speedometer saya g jalan knp yah n mdh2an tau solusi nya jg???
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteAssalamualaikum mas Ajji...salam kenal. Saya pakai aerio 2003 jg, klo digital speedometer saya g jalan knp yah n mdh2an tau solusi nya jg???
ReplyDeleteAssalamualaikum mas Ajji...salam kenal. Saya pakai aerio 2003 jg, klo digital speedometer saya g jalan knp yah n mdh2an tau solusi nya jg???
ReplyDeletekalau review cara benerin tombol power windows sisi sopir, pnya saya kaca sisi sopir sering macet
ReplyDeleteSangat barmanfaat mas, saya punya aerio biru metalic 2002. Masalahnya sama dgn yang di jelaskan.
ReplyDeleteSaya ingin memperbaiki baret dan peot akibat tabrakan beberapa kali. Hanya masalah ringan saja.
Mau tanya untuk tempat ngecat oroginal dan ketok magic rekomendasi dimana mas. Saya tinggap di pacitan saat ini. Saya saat ini mobil aerio saya pakai sudah 2 tahun. Alhamdulillah kuat awet walau kaki kakinya saat badan mobil belok kanan atau kiri ada buntmyi kreek kreekk.
Salam kenal ya mas, dan terima kasih sebelumnya ya mas
salam kenal dari jogja......TOP ulasannya...ane pake aerio 2003 biru metalik sejak 2013 sampe sekarang mas brow....
ReplyDeleteDashboard new mod Aerio 2005 kalo pecah2 apa ada solusinya mas hehe..
ReplyDeletesalam kenal mas, saya doni dari padang sumatra barat, saya baru memakai aerio sekitar 1 bulanan, ketika saya bawa mobil sering terasa pas memgoper gigi berbunyi di roda depan seperti ada yg kurang pas pasangnya, juga pas masuk lobang, kira2 kenapa ya mas dan apa solusinya, kata yg punya sebelumnya asskople kiri kanan baru di ganti.
ReplyDeleteSalam kenal kang, saya baru dapet aerio 2003 seminggu lalu, kalau mau ganti kopling set apa yg terbaik, dan harganya kira kira brp.
ReplyDeleteNuhuun
Kang minta review nya pakai velg Swift gt3
ReplyDeletengk ada review lanjutan kang ?
ReplyDeleteKang mau tanya, Aerio saya th 2004 AT kalo diinjak rem, mesin agak mbrebet tapi kalo sambil dimatikan AC nya normal, kira2 kenapa ya?trims
ReplyDeleteThanks and that i have a keen give: How Many Home Renovation Shows Are There house renovation and design
ReplyDelete